Selasa, 17 November 2015

Petunjuk menggunakan Arloji Vostok Automatic – 2416b Movement.


Pada halaman ini anda akan menemukan petunjuk tentang cara untuk mengatur Jam tangan Vostok Amphibia atau Komandirskie Automatic. Instruksi ini berlaku untuk jam tangan yang menggunakan Movement  2416b.

Jika anda mengenakan arloji di tangan anda setiap hari tidak perlu untuk memutar manual mekanik (winding)  utk sumber tenaga gerakan jam. Jam tangan ini menggunakan sebuah gerakan yang otomatis sehingga jam tangan tetap berjalan oleh pergerakan tangan anda. Tapi jika anda tidak memakai jam tangan lebih dari 24 jam itu perlu untuk di putar kembali.

Cara untuk menjaga agar jam tangan tetap hidup tidak mati adalah dengan cara:
Putar  crown (kron) jam yang berada di samping kanan jam berlawanan arah jarum jam atau putar ke bawah dari (Casing) kesing ini. Kemudian tarik sehingga kron berada di posisi 2. Dengan perasaan anda cobalah utk mengeluarkan sedikit knop sehingga tidak kembali ke posisi 1. Mulai lah putar searah jarum jam atau ke atas dengan memutar kron sebanyak kira2 25-30 putaran. Jangan sampai berlebihan dalam memutar yang dapat menyebabkan mesin mekanik menjadi rusak.

Setelah selesai memutar kembalikan kron ke posisi 1 dan kencangkan agar air tidak masuk.
Cara terbaik untuk agar Arloji ini dapat berjalan terus mekanis nya adalah dengan menggunakan nya terus jam ini jangan sampai di lepas.

Mengatur Jam Menit, dan Tanggal.
Putar  kron yang berada di samping kanan jam berlawanan arah jarum jam dari kesing jam ini. Kemudian tarik sehingga kron berada di posisi 3. Anda akan mendengar dan merasa klik. Putar kron dengan berlawanan arah jarum jam untuk mengatur jam, menit dan tanggal yang tepat. Setelah pengaturan waktu,kembalikan kron ke posisi 1. jangan lupa untuk di kencangkan agar air tidak masuk.

Trik untuk mengubah tanggal.
Putar  kron yang berada di samping kanan jam berlawanan arah jarum jam dari kesing jam ini. Kemudian tarik sehingga kron berada di posisi 3. Putar kron berlawanan arah jarum jam sampai jarum jam mencapai pukul 12 malam maka tanggal akan berubah. Lalu putar mundur dan jarum jam ke pukul 8 malam, kemudian putar kembali ke arah jam 12 malam kembali hingga tanggal berubah dan bertambah. Ulangi seperlunya 12-8-12. Setelah selesai, kembalikan kron ke posisi 1.

Anda dapat melihat caranya di video:  klik link ini.
 

CATATAN: Jangan pernah lakukan langsung pemindahan kron dari posisi 3 (posisi waktu-pengaturan) ke untuk posisi 2. Sebaiknya kembalikan kron ke posisi 1 terlebih dahulu baru kemudian lanjutkan ke posisi 2. Jadi setelah pengaturan waktu atau tanggal, kron ditutup dulu di posisi 1 baru kemudian ke posisi 2 untuk memutar sebagai pensupply tenaga manual mekanik.

Perawatan Jam Tangan
Jangan Memasukan Jam tangan ke dalam air kecuali kron benar-benar di kencang kan pada posisi 1. Anda akan merasakan karet seal gasket bila disekrup sepenuhnya.

Untuk mencegah embun di bawah kaca jam tangan pastikan selalu Kron benar-benar sudah dikunci pada posisi 1 dengan kencang.

Lindungi jam tangan dari guncangan, produk kimia, dan medan magnet.

Untuk mencegah penetrasi debu dan kotoran dalam mekanisme, jangan pernah buka penutup belakang kesing jam tangan ini.


4 komentar:

  1. sangat membantu artikelnya mas, kunjungin balik ya mas jualdjamtangan.com

    BalasHapus
  2. tanya mas ..itu titik2 merah (dan hitam) pada ring luar yg dapat di putar2 fungsinya buat apa ya?

    BalasHapus
  3. tanya mas ..itu titik2 merah (dan hitam) pada ring luar yg dapat di putar2 fungsinya buat apa ya?

    BalasHapus
  4. Kalo cara mengganti tanggal untuk vostoc NKRI apakah sama?

    BalasHapus